Beranda > Agenda > PERSIAPAN ODALAN DI SANGGAH

PERSIAPAN ODALAN DI SANGGAH

Seperti saat-saat sebelumnya, setiap enam bulan sekali di sanggahku ada odalan sanggah (ada juga yang menyebutkan merajan). Kali ini kebetulan giliranku untuk mengkoordinir kegiatan ini. Nah, jadilah kesibukan ini menyita waktu istriku untuk menyiapkan segalanya.
Dalam keluarga besar di rumahku ada kebiasaan yang menurut pendapat pribadi, sangat bagus untuk menumbuhkan suatu kerukunan dalam keluarga, yakni kegiatan odalan di sanggah digilir koordinatornya setiap enam bulan sekali. Karena dalam keluarga yang ada di Kubu Panggung (begitu tanah kelahiran ini disebut oleh lingkungan kerabat tertentu) sekarang ini ada 8 keluarga maka praktis setiap empat tahun akan mengalami menjadi koordinatornya.
Sebenarnya persiapan odalan ini telah dimulai sejak purnama yang lalu, yaitu ketika bertepatan jatuhnya dengan hari besar Hindu yakni Pagerwesi. Biasanya pada saat purnama sebelum odalan tiba, akan diadakan terlebih dahulu semacam rapat atau dalam bahasa Bali dikenal sebagai parum keluarga. Namun karena hari itu bertepatan dengan Pagerwesi, dimana pada hari ini juga sekaligus sebagai hari untuk tangkil ke Pura Masjati serta ke pura kahyangan tiga di desa pedungan, sehingga praktis paruman di undur pelaksanaannya.

odalan 1Akhirnya parum keluarga diadakan pada hari minggu 9 Agustus 2009, yang mana pada pagi hari diadakan bersih-bersih dulu di areal sanggah. Malam sekitar pukul 7.30 wita parum dimulai.  Pada intinya parum menghasilkan keputusan untuk melaksanakan odalan sebagaimana yang sudah-sudah, namun memang ada yang lain dari biasanya yaitu bahwa mulai saat ini yang dapat giliran koordinator odalan sekalian juga akan menyelenggarakan kegiatan untuk upacara hari Tumpek Landep, sehingga kegiatan telah dimulai semenjak hari jumat sebelum tumpek landep.

Kategori:Agenda Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: