Beranda > SANGGAH GEDE > KETIKA ODALAN TELAH USAI

KETIKA ODALAN TELAH USAI

Sejak hari jumat lalu keluarga di rumah Kubu Panggung (nama tempat odalan ini dilangsungkan) telah sibuk menyiapkan segenap keperluan buat menghadapi acara rutin enam bulanan Bali, yakni pada hari Buda Cemeng Ukir. Dan hari ini sejak pagi hari sudah dilewati dengan acara ngelawar (masakan khas Bali). Sebenarnya banyak cerita yang terlintas dalam benak ketika berbelanja ke pasar Badung buat belanjaan hari ini, seperti tempat parkir yang baru aku perhatikan (ternyata berlantai dua, dibawah buat jualan baju sedangkan di atasnya yah tempat parkir), kemudian kemacetan-kemacetan dijalan Sulawesi ini, memang krodit sekali.

Sempat juga aku bawa lawar ke ipar yang ada di Padangsambian, ini kulakukan karena untuk odalan kali ini koordinatornya ya aku ini, sehingga praktis kesibukan padat menyita waktu. Dan setidaknya buat empat tahun sekali aku kirim lawar kesana (padangsambian, ke Ir. Wy. Jandra B).

Belum sempat istirahat sejenak, kembali mulai jam 5 sore ngelawar untuk persiapan jamuan makan malam harus dipersiapkan. Hingga akhirnya acara puncak odalan dimulai sekitar pukul 19.30 wita dan berakhir 22.30.  Terasa suasana khidmat, tenang, damai, penuh rasa kekeluargaan hampir semua keluarga datang, hanya beberapa yang tidak sempat entah apa sebabnya. Seperti made adi, mangde dari sumerta tidak diketahui alasannya kenapa tidak hadir? Sedangkan keluarga Beli Karigina, tidak hadir lantaran ada upacara juga sehingga tidak bisa ikut odalan hari ini.

ngelawar 1banten odalansanggah 1sanggah 2

odalan

mangku 2009

usai odalansanggah natah

foto di atas dari kiri ke kanan

1. Ngelawar buat jamuan malam

2. Banten odalan yang akan disiapkan

3. Deretan pelinggih dilihat dari bale pyasan

4. Deretan pelinggih: Taksu, Padmasari, Rong Telu, Ngerurah

5. Odalan sedang dimulai pukul 19.30

6. Mangku Gede Wisnu Wardana

7. Usai matur sembah lalu menikmati hidangan atau nglungsur

8. Pelinggih/sanggah Natah pun dihias sebagai pertanda Odalan

Kategori:SANGGAH GEDE Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar