MATA KULIAH

PROGRAM STUDI ARSITEKTUR FAKULTAS  TEKNIK UNVERSITAS DWIJENDRA DENPASAR

Selamat datang para mahasiswa Arsitektur Universitas Dwjendra Denpasar, utamanya peserta kuliah yang saya ampu, sekarang saudara ada di situs saya (https://adhimastra.wordpress.com).

Dengan masuk ke situs ini dan kemudian memilih materi kuliah sesuai dengan yang saudara ikuti di semester ini dan lanjut dengan  menuliskan tanggapannya (respon) terhadap materi kuliah yang diangkat untuk minggu ini maka saudara mahasiswa telah ikut berpartisipasi dalam  pengembangan materi kuliah pada minggu ini. Cara belajar seperti ini seringkali disebut akademik on line

Tujuan:

Jalur ini saya lakukan dengan harapan atau tujuannya agar  mahasiswa ikut aktiv mengembangkan serta meningkatkan kemampuan daya nalarnya. Mahasiswa tidak saja sebagai insan kampus yang disuruh mendengar, namun mahasiswa juga ikut didengar suaranya lewat tanggapan yang ditulis dalam setiap materi kuliah.

Ini adalah bagian dari suatu upaya, untuk memberikan pelayanan publik yang lebih akuntabel serta transparan.

Sistem akademik on line ini membuka akses informasi lebih transparan, bisa ditelusuri perjalanan prosesnya dan menghemat ratusan lembar kertas. namun jelas dimaklumi bahwa kuliah tatap muka (face to face) lebih mentradisi dan lebih melekat dalam hati insan akademisi.

1.   MATERI KULIAH:

  1. Etika Berprofesi Arsitektur
  2. Utilitas 1
  3. Utilitas 2
  4. AutoCad (Computer Aided Design)
  5. Arsitektur Kota
  6. Agama Hindu
  7. Stud. Arsitektur Tradisional Bali 2
  8. Tugas Akhir

2.  DISKUSI:

Untuk kegiatan diskusi saudara mahasiswa bisa masuk ke facebook saya:

http://www.facebook.com/adhimastra?v=app_2347471856&ref=profile dengan masuk ke facebook itu saudara mengikuti diskusi topik masing mata kuliah yang diikuti, misalnya

  1. Topik 1, tentang: Utilitas 1
  2. Topik 2, tentang:
  3. Topik 3, tentang:
  4. Topik 4, tentang:

3.  TUGAS

  1. Tugas 1
  2. Tugas 2

Disadari sepenuhnya ruang ini masih jauh dari harapan dalam usaha untuk memajukan dunia pendidikan khususnya usaha belajar secara on line.

  1. Dewa Putra Adnyana
    12 Februari 2010 pukul 2:18 PM

    Pak Adhi, Yth, Terimakasih serta penghargaan yang setinggi tingginya kami sampaikan atas inisiatif bapak yang tiada henti demi kemajuan pendidikan di Dwujendra ini khususnya di Fak Teknik. Mudah mudahan kami bisa mengikuti, lebih lebih memahaminya untuk diterapkan kedepannya.

    Sukses, n lanjutkan
    salam,

    dewa putra

    • administrator
      12 Februari 2010 pukul 3:18 PM

      Ya dw, tp penghargaan tdk cukup lewat rasa terimakasih. Alangkah bijaknya jika dw ikut memenuhi hasrat dw yg menggebu-gebu untuk menyelesaikan kuliah …… dg demikian sy ikut bangga.
      Oh ya cepat hubungi ibu frysa, untuk ikut ujian susulannya (ditunggu oleh beliau sejak minggu lalu)

  2. Dewa Putra Adnyana
    17 Februari 2010 pukul 2:21 PM

    Semiloka Arsitektur Bangunan Gedung di Kota Denpasar
    Gedung Werdha Pura, 17 Februari 2010

    Komisi II: Membahas Peran Arsitektur Dalam Mewujudkan Karya Arsitektur Kota Denpasar

    Penyaji: I Ketut Rana, ST (Ketua IAI Daerah Bali)
    Pembahas : I Gst Made S. Diarsa, MT ( Dekan Fakultas Teknik Univ. Warmadewa)
    Moderator: Ir. Ida Bagus Gede Yadnya (TABG. Kota Denpasar)

    Pokok-pokok pikiran atau masalah yang disampaikan oleh audiens:

    1. Peran arsitek sangat sempit sehingga perlu payung hukum
    2. Arsitek hanya dilibatkan sebatas disain sebagai sayrat mencari IMB
    3. Bila yang mempunyai pendidikan formal saja boleh mendesin sebuah arsitektur, bagaimana seseorang yang tidak mempunyai pendidikan formal seperti Ida Bagus Tugur?
    4. Sulitnya Pengawasan pada saat pelaksanaan sebuah proyek setelah mendapatkan IMB, owner sering intervensi terhadap disain dan bentuk arsitektur sehingga tidak sesuai lagi dengan pengajuan awal.
    5. Perlunya ada batasan bangunan apa saja yang harus memakai stail Bali.
    6. Ada usulan bahwa setiap oarang/badan yang ingin membangun dan mengurus IMB harus mendapat rekomentasi dari Tim Arsitektur Bangunan Gedung Kota Denpasar
    7. Dalam pembangunan Kota Denpasar perlu ditangani oleh seorang arsitek yang jujur dan profesional dengan kreteria sbb:
    A, Seorang sarjana Teknik
    B. Seorang Ahli pada bidangnya
    C. Memunyai spesifikasi dan sertifikasi yang jelas dan terukur
    D. Tahu tentang regulasi.

    Dari hasil diskusi tersebut dapat diambil resume sebagai berikut :
    1. Kepastian dan ketegasan bahwa arsitektur bangunan gedung harus dirancang oleh insan yang ahli terhadap hal itu, dan dibuktikan dengan identitas formal sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sesuai point 7 (tujuh) termasuk para undagi yang telah mendapat bisama dari nabenya.
    2. Perlu disusun Panduan Perancangan ”Design Guide Lines” dan Peraturan Bangunan ” Building Code” sebagai dasar dalam penerbitan Ijin Mendirikan Bangunan, serta ijin lainnya sebagai bentuk tindak lanjut dari IMB tersebut, seperti halnya Sertifikat Laik Fungsi dan Ijin Penggunaan Bangunan.
    3. Design Guide Lines dan Building Codeyang dimaksud merupakan petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan dari peraturan yang berada diatasnya (Undang unadang dan Peraturan Daerah)
    4. Adanya standarisasi media yang disampaikan didalam pengajuan permohonan perijinan yang meliputi palingsedikit harus ada :
    a. Standard gambar rancangan
    b. Identistas yang ada didalam gambar rancangan
    c. Ukuran Gambar
    d. Informasi lengkap yang harus disampaikan didalam prinsif dasar rancangan yang menyangkut hal-hal terkait dengan lingkungan sekitar atau penggunaan material sesuai dengan arahan/guide line

    5. Adanya proses pemeriksaan atas rancangan yang akan dibangun melalui landasan yang obyektif dan tidak multi tafsir atas arsitektur Kota Denpasar/Arsitektur Bali melalui sosok dan pakem arsitektur Bali
    6. Bila perlu mengajukan pra-permohonan pengajuan ijin yang dilakukan dengan pemaparan gagasan awal terhadap rancangan bangunan yang akan dilahirkan, dan dibahas melalui institusi/pakar yang memiliki kredibilitas kuat didlam memberikan rekomendasi kepada pemerintah didalam proses penerbitan ijin.
    7. Merumuskan dan melaksanakan Proses Evaluasi dan Pemantauan dan mencari solusi ats segala kendala yang terjadi dalam tahap ini.

    Dari resume diatas saya berpendapat bahwa :

    1. Pentingnya sebuah arsitektur dirancang/didesain oleh para ahli sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara teknis
    2. Perlunya payung hukum bagi seorang profesi arsitek untuk bisa menjaga arsitektur tradisional (kearifan lokal) menuju persaingan global.
    3. Controling yang berkesinambungan terhadap setiap pembangunan yang terjadi di Kota Denpasar dengan variable yang jelas, baik dari instansi yang berwenang, maupun parstisipasi aktif oleh masyarakat.
    4. Penegakan sangsi bagisetiap pelanggaran yang terjadi serta memberikan apresiasi kepada yang patuh terhadap ketentuan yang berlaku.

    Demikian hasil pleno komisi II yang dapat kami pahami, sekaligus sebagai bagian dari etika berprofesi kedepannya.

    I Dewa Gede Putra Adnyana
    Fakultas : Teknik
    Jurusan : Arsitektur Tradisional Bali
    Universitas : Dwijendra, Denpasar

    • adhimastra
      18 Februari 2010 pukul 4:06 AM

      Terimakasih Dewa GPA, saudara sdh bersedia hadir dalam seharian u/ mengikuti semiloka itu dan juga telah merecord hasil-hasilnya.
      Tentang hasil-hasil yg saudara telah rekam itu agar jg diberikan kpd teman2 lain, mungkin nanti kita bs kita pake bahan diskusi kuliah EBA maupun Ar-kot.
      Terimakasih, sy salut atas usaha Dewa GPA

  3. 18 Februari 2010 pukul 11:12 AM

    pak kenapa yang untuk arsit kotanya ndak bisa di buka?

    trima kasih

    • administrator
      19 Februari 2010 pukul 2:41 AM

      haaaa…. begini Dewa PS, materi Arkot hingga kemarin belum di upload, jadi jelas belum bs dibuka. Tanda bhw materi sdh ada, bilamana ketika kursor menunjuk ke arah materi kuliah ada gambar tangan maka ini berarti sudah ada materinya yg di upload, sedangkan jika blum ada gambar tangan maka itu tandanya nggak ada materi, begitu. Kalau dewa mau masuk ke diskusi arkot , silahkan masuk ke Facebook saya, tapi sebelumnya dewa PS hrs join sama sy baru, kemudian sy add di bagian boleh masuk ke materi itu, baru dewa bs masuk ke diskusi arkot-nya. Silakan coba

  4. I Wayan Indra Yasa
    27 Oktober 2010 pukul 2:03 PM

    Bingung Harus Mau Nanya Apa😀

    • 20 November 2010 pukul 2:11 PM

      Buat Wayan Indra Yasa, saya hargai anda telah masuk ke situs ini. Suatu langkah maju walau masih ada kebingungan ….. Coba aja dulu baca, liah-lihat lalu komentari atau tanya aja langsung, en bisa juga di kritik dikit2, kalo mau boleh dikritik pedas-pedas… tidak akan ada efek ke hal-hal lain. Yang penting masih dalam koridor sopan juga santun. Ayo ber blog ria ama temen2 lainnya

  5. gusti ngurah s
    7 November 2011 pukul 6:27 PM

    sekdar msu aja pak

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: